Friday, October 23, 2015

LAPORAN PRAKTIKUM : Daur Ulang Kain

LAPORAN PRAKTIKUM

A.  JUDUL PRAKTIKUM
            Daur Ulang Kain Menjadi Bunga Dan Dompet

B.  TUJUAN PRAKTIKUM
1.        Pelajar dapat mengetahui alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat dompet bunga dari kain bekas.
2.        Pelajar mampu membuat dompet bunga daur ulang dari kain bekas.
3.        Pelajar dapat memanfaatkan limbah kain bekas untuk di daur ulang.
4.        Untuk mengetahui cara pembuatan dompet bunga dari daur ulang kain bekas
5.        Untuk memenuhi tugas ujian praktek dari guru biologi yaitu ibu yum awalinah

C.  DASAR TEORI
Barang-barang yang tidak langsung dapat dimanfaatkan atau merupakan barang-barang yang sudah tidak diperlukan atau sudah tidak berharga lagi disebut sebagai sampah atau limbah. Misalnya, bahan dari kaca, kaleng, kertas, kain, sisa makanan, sisa aktivitas pertanian, rumah tangga atau industri. Sampah atau limbah merupakan bahan pencemar lingkungan yang mengancam kehidupan. Oleh karena itu, harus ada upaya penanganan limbah.
Penanggulangan sampah dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya ditimbun, dibakar, dan didaur ulang. Diantara semua cara itu, yang terbaik adalah dengan didaur ulang. Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi polusi, kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca. Salah satu contoh proses pemanfaatan limbah adalah dengan mendaur ulang kain bekas menjadi dompet atau bros yang berbentuk bunga.
Kain dapat di jadikan daur ulang yang membuat para pengrajinnya dapat meraih keuntungan dan kain juga bernilai ekonomis yang tinggi, Tapi sebenarnya kalau kita tahu pemanfaatannya,kita bisa menggunakan untuk banyak hal yang mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi seperti : 1. Menjadi bahan pengisi badan boneka,sofa 2. Digiling halus untuk bahan pengisi bantal atau guling 3. Dijahit menjadi rangkaian keset 4. Dibentuk menjadi tas,dompet,sandal ataupun sepatu 5. Diserut untuk dijadikan benang
Berdasarkan uraian di atas, dapat dilihat bahwa masalah sampah kain bekas dapat memberi dampak yang cukup serius bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satu bentuk pengelolaan sampah kain yaitu dengan mengolahnya menjadi dompet bermotif bunga yang bagus serta menarik, dan bros yang indah.
Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah Kain,kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik.

D.  ALAT dan BAHAN

1.    Alat
1.    Gunting
2.    Jarum
3.    Benang
4.    Penggaris
5.    Spidol
6.    Lilin
7.    Korek api

2.    Bahan 
1.    Kain bekas yang halus dan lembut
2.    Resleting
3.    Busa

E.  PROSEDUR KERJA   
Berikut adalah langkah-langkah membuat dompet, yaitu :

1.        Ambillah kain yang telah di sediakan, kain harus lembut dan halus supaya bisa di bentuk.
2.        Lalu buat pola di kain dengan menggunakan penggaris dan spidol alat tulis lainnya. Ada dua pola yang berbeda, yaitu pola persegi panjang yang berukuran panjang sekitar 30 cm dan lebar sekitar 8 cm, sedangkan pola yang berikutnya yaitu berbentuk persegi empat yang berukuran sekitar 10 cm dan tiap sisi-sisi ujungnya di gunting hingga berbentuk persegi delapan. Kedua pola/persegi tersebut itu berpasangan.
3.        Setelah itu, gunting kain sesuai pola yang di tentukan. Buatlah setiap masing-masing pola berjumlah 31 buah atau 31 pasang pola.
4.        Hidupkan lilin menggunakan korek api yang sudah di sediakan dan ambil kain yang sudah di gunting. Lalu satu persatu bakar pinggiran kain agar tidak rusak dan rapi saat di jahit.
5.        Lalu, ambilah benang yang berwarna sama dengan kain dan masukkan benang kedalam jarum jahit usahakan 2 lapis suapaya kuat, sejajarkanlah panjang ujung benang.
6.        Kemudian, untuk pola yang panjang  dilipat dua dan di ujung kain bentuk segitiga. Lalu mulailah menjahit dengan bolak-balik di pinggir kain, ketika sudah hampir mencapai ujung kain, buatlah bentuk segitiga lagi. Benang jangan dulu di ikat mati, tetapi tarik benang yang di ujung, jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang, dan kemudian lipatlah kain yang sudah di di jahit sehingga berbentuk seperti bunga. Setelah terbentuk seperti bunga, lalu jahitlah dengan rapi sampai berjumlah 31 bunga.
7.        Untuk pola yang persegi empat yang sudah di bentuk menjadi persegi delapan, jahitlah setiap pinggir kain dari ujung ke ujung, setelah itu tariklah benang hingga kain terlipat dan berbentuk bulat. Buatlah sampai berjumlah 31 buah. Pola yang persegi kecil digunakan untuk kelopak bunga yang telah di buat tadi.
8.        Kemudian, Jika semua bunga dan kelopaknya telah selesai dijahit dan di bentuk. Lalu satukan bunga dan kelopaknya. Dengan cara menjahit bagian bawah kelopaknya atau jahitan dari kelopak tersebut menghadap ke bawah dan hubungkan jahitannya ke bagian bawah bunga, supaya terbentuklah bunga yang mempunyai kelopak.
9.        Setelah selesai menyatukan bunga dan kelopaknya, maka setiap masing-masing bunga di jahit dan dirangkai. Setiap rangkaian sebanyak 3 baris dan setiap baris terdiri dari 5 bunga sehingga terbentuk dua bagian rangkaian bunga yang sama. Buat 2 rangkaian bunga.
10.    Lalu buatlah dompet dengan cara ambil kain. Kemudian ambil busa dan buatlah busa tersebut berukuran panjang sekitar 25 cm dan lebar 20 cm.
11.    Lalu, busa di lapisi kain yang terdiri dari 2 lapis kain supaya busa yang ada di dalam tidak terlihat dari luar. Dan jahitlah tiap pinggiran busa yang telah di lapisi tadi. Gunakanlah warna benag yang sama dengan warna kain.
12.    Setelah terbentuk menjadi persegi empat. Lalu, pasanglah bunga di bidang persegi empat dan di beri jarak dengan lipatan supaya hasilnya baik.
13.    Lalu, lipat lah menjadi dua sehingga menjadi persegi panjang, tetapi lipatannya di balik terlebih dahulu dengan posisi bunga di dalam supaya jahitannya tidak kelihatan dari luar dan terlihat rapi.
14.    Kemudian jahitlah sisi kiri dan sisi kanan supaya terbentuk seperti kantong. Lalu, di balik sehingga posisi bunga berada di luar dan jahitannya pun berada di dalam sehingga terlihat rapi. Setelah itu di bagian atas di pasang resleting/seriting supaya terbentuklah seperti dompet. Pasanglah resleting dengan jahitannya berada di dalam supaya terlihat rapi dari luar.
15.    Ada sisa 1 bunga, sisahan 1 bunga tersebuat di buat serapi mungkin lalu pasang bagian bawah bunga tersebut dengan cemiti/jepitan dengan cara menjahit atau di lem dengan lem lilin/lem yang kuat sehingga terbentuklah menjadi bros jilbab.
16.    Setelah semuanya selesai, dompet sudah jadi dan bros sudah jadi. Dompet dan bros pun siap untuk di pakai.

F.   HASIL
Hasil yang didapatkan adalah 1 buah bros yang indah dan satu buah dompet yang bagus dan menarik.

G. PEMBAHASAN
Berdasarkan praktikum daur ulang kain yang sudah kami lakukan, hasil yang didapatkan adalah bunga yang terbuat dari kain tersebut berbeda-beda ukurannya hal ini di sebabkan karena pemotongan dan pengukuran kain yang kurang rapi dan tidak teratur. Selain itu tekstur kelembutan kain harus juga di perhatikan sebab jika tidak maka bunga yang di buat tidak akan bagus. Selain tekstur lembut dan ukuran kainnya ada juga yang harus di perhatikan yaitu dalam penjaitan kainnya harus rapi dan teratur, jika tidak maka bunga yang terbuat dari kain tersebut tidak terlihat rapi. proses penentu terbentuknya bunga yang terbuat dari kain bekas tersebut adalah dalam proses pengukuran, pengguntingan, dan penjatitannya. Dalam proses pembuatan bunga yang kami lakukan, kami membuat bunga dengan warna pink dan tidak ada warna yang lain. Kain yang di gunakan adalah kain bekas yang halus dan lembut supaya bunga yang di hasilkan itu juga bagus. Pembuatan bunga ini juga perlu kesabaran dalam membuatnya sebab kami harus menjahit bunga berulang kali sebanyak 31 buah, dan juga di perlikan ketelitian dalam membuatnya. Dalam proses penggulungan kain yang di jahit supaya terbentuknya bunga yang indah harus menggulungnya dengan rapi dan teratur supaya bunga yang terbentuk itu lebih baik dan lebih mirip dengan bunga aslinya.
Dalam proses pembuatan bunga ini, kami langsungkan ke proses pembuatan dompet karena bunga yang di buat itu bertujuan untuk membuat dompet supaya semakin indah dan menarik, bahan pembuatan dompet pun tidak jauh berbeda yaitu sama-sama menggunakan kain untuk membuatnya tetapi kain yang yang di gunakan yai kain yang bertekstur sama yang berwarna hitam supaya terdapat perpaduan warna dari dompet antara bunga yang berwarna pink di padukan dengan lapisan dompet yang berwarna hitam supaya menarik di lihat. Selain itu ada bahan tambahan yang perlu di sediakan dalam pembuatan dompet yaitu busa dan seriting. Busa yang kami gunakan yaitu busa yang lembut, seriting berwarna pink yang pendek kira-kira 20 cm dan memasangnya pun harus tepat dan pas. Kedua bahan tersebut untuk membuat dompet lebih terbentuk dan seriting tersebut di gunakan untuk kunci/penutup dompet. Dalam proses pembuatan dompet ini harus di perhatikan juga cara penjahitannya, penjahitannya harus teratur dan rapi supaya dompetnya bagus. Bunga yang di buat itu untuk memperindah dompet dan di tempel di bidang dompet dengan jumlah bunga 15 di kiri dan 15 di kanan supaya terlihat indah dan rapi. Selain di gunakan untuk memperindah dompet, bunga tersebut juga bisa di buat menjadi pita/bros untuk jilbab supaya terlihat cantik, dan bunga yang di buat harus rapi dan bagus.  
 Daur ulang kain bekas ini mempunyai nilai  tambah bila diolah dengan benar dan bernilai ekonomi tinggi dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan,  dengan pemanfaatan limbah kertas kita secara tidak langsung turut mendukung program daur ulang yang saat ini sedang gencar digalakkan oleh berbagai kalangan. Dengan membuat produk dari daur ulang kain bekas sehingga dapat mengurangi sampah yang dibuang ke lingkungan.

H.  KESIMPULAN
Dalam pembuatan bunga dari kain bekas harus di perlukan ketelitian, kerapian, dan kesabaran supaya bungan yang di hasilkan itu bagus. Selain juga dalam membuat dompet harus rapi dan harus terbentuk menjadi dompet. Dalam pemasangan bunga ke dompet itu harus sejajar dan bunga yang di pasang harus sama yaitu 3 baris 5 bunga atau bunga tersebut sebanyak 15 buah. Untuk membuat bros jilbab, bunga yang di buat harus terbentuk dan harus rapi supaya indah dan menarik. Daur ulang kain bekas ini dapat membuka peluang bisnis dan juga bernilai ekonomis. Oleh sebab itu daur ulang sampah khususnya kain bekas ini harus di kembangkan supaya sampah lingkunganpun berkurang.

I.  Saran
            Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita harus saling membantu untuk menanggulangi permasalahan yang ditimbulkan oleh sampah. Di awali dengan membiasakan diri untuk tidak membuang sampah disembarang tempat agar lingkungan menjadi bersih dan terhindar dari polusi udara dan penyakit. Manfaatkan lah sampah yang bisa di manfaatkan atau sampah yang bisa di daur ulang, sebab bernilai ekonomi yang tinggi dan dapat menambah penghasilan, selain itu juga dapat mengurangi permasalah yang di timbulkan dari sampah.



3 komentar:


izin gan...
numpang promo..
yang mau berbisnis pulsa yuk merapat

Champion Reload Pulsa

ketawa-ketiwi disini juga boleh

Ketawa Bareng

assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus Atau KLIK DISINI

musyrik temannya setan jangan percaya yg diatas ^

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More